Blue Ocean Strategy untuk Perguruan Tinggi

Blue Ocean Strategy adalah tentang merancang dan memperoleh target pasar yang potensial dengan memunculkan permintaan baru. Strategi ini memenuhi permintaan baru dengan membiasakan produk unik dengan fitur-fitur canggih yang berbeda dari yang lain. Strategi ini ternyata compatible dengan manajemen perguruan tinggi.

Hal itu disampaiakan oleh Wakil Dekan Bidang AUPK FEBI, Dr Mahmud Yusuf MSi saat memberikan materi pada Seminar Pendidikan yang dilaksanan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh Muhammad Nafis Tabalong, (5/7/2018) di Tanjung.

Dengan kata lain, ujar dosen FEBI UIN Antasari itu, strategi tersebut memacu perguruan tinggi (PT) untuk menawarkan produk yang sangat bernilai kepada konsumen dan mendukung PT untuk menghasilkan keuntungan yang besar dan mengungguli persaingan.

“Untuk menemukan dan mengidentifikasi Blue Ocean yang menarik, kita perlu mempertimbangkan “Kerangka Empat Tindakan” untuk merancang aspek nilai pembeli dalam membuat kurva nilai baru, yaitu KKSC (Kembangkan, Kurangi, Singkirkan, dan Ciptakan),” ujar Mahmud Yusuf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *