Sukarni

Sukarni, lahir di Sungai Lurus, salah satu desa kecil lereng Pegunungan Mereatus di wilayah Kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan, 17 April 1963. Pendidikannya berawal dari Sekolah Dasar Negeri, tamat tahun 1976. Untuk memenuhi hasrat orang tua agar kelak mampu menjadi imam shalat, ia melanjutkan studinya di Pondok Pesantren Salafiyah, “Ibnul Amin” Pemangkih, Kecamatan Labuah Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Setelah sekitar lima tahun bermukim di sana sebagai santri, dia melanjutkan studinya di Pendidikan Guru Agama Negeri Barabai, selesai tahun 1985. Jenjang pendidikan perguruan tinggi dimulai di Fakultas Syariah IAIN Antasari Banjarmasin jurusan Tafsir Hadits, selesai tahun 1989. Pada tahun 1991, dia diterima sebagai tenaga pengajar di Fakultas Syariah IAIN Antasari, dua tahun kemudian mendapat beasiswa untuk melanjutkan studinya di S2 IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada program kajian Hukum Islam, selesai tahun 1995. Sejak tahun 2007, mengikuti  Program Doktor di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, selesai tahun 2011.

Sejak menjadi dosen fungsional, tahun 1995, dia aktif mengajar ilmu-ilmu yang berkaitan dengan hukum Islam yang meliputi, ushul fiqh, fikih perbandingan, fikih kontemporer, dan studi naskah fikih Islam, baik di IAIN/UIN Antasari maupun di beberapa perguruan tinggi swasta di Kalimantan Selatan.

Penelitian, publikasi, dan seminar  ilmiah yang dilakukan sejak selesai mengikuti pendidikan S3, tahun 2011 lebih focus pada bidang Fikih Lingkungan sesuai dengan keilmuan yang digeluti dalam penelitian disertasi,  sebagai berikut:

  1. 2011, Fikih Lingkungan Hidup Perspektif Ulama Kalimantan Selatan (Buku, Diterbitkan oleh Balitbang Kemenag RI)
  2. 2013, Isu Lingkungan dalam Perspektif Kalam, Fikih, dan Tasawuf (Jurnal Islamica PPS UIN Sunan Ampel.
  3. 2014, Paradigma Bermazhab Pontren di Kalimantan Selatan, (Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman ”Miqat” IAIN Medan).
  4. 2016, Ecosofi dan Ekotauhid, Alternatif Konsep Kesadaran ekologi Ulama Banjar. (Makalah Konferensi Internasional Transformasi Sosial dan Intelektual Orang Banjar Kontemporer, Agustus).
  5. 2017, Budaya Sungai dan Sanitasi yang Sehat dalam Pendekatan Ilmu Fiqih Lingkungan, Diskusi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Air Sungai Martapura dan Sanitasi yang Sehat, (Makalah seminar Pusat Penelitian Lingkungan Hidup ULM, Martapura).