Nispan Rahmi

Nispan Rahmi, lahir di desa Haruyan Seberang Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) –Barabai Kalimantan Selatan, tanggal 1 Mei 1967, adalah dosen tetap mata kuliah Hadis Ahkam dan Ulum al Hadis pada Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin. Sekarang setelah IAIN Antasari alih status menjadi UIN Antasari dan Fakultas Syariah dan Bisnis Islam dimekarkan menjadi Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang bersangkutan sekarang menjadi dosen tetap pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam mata kuliah yang sama. Sebelum mengabdi sebagai dosen tetap pada IAIN Antasari, setelah menamatkan studi pada Fakultas Syariah jurusan Tafsir dan Hadis, sejak tahun 1991-1993 aktif menggerakkan kegiatan keagamaan, seperti membentuk TK al-Qur’an, TK Aulad, Remaja Mesjid, dan pemberantasan buta  di huruf al-Qur’an di kalangan orang dewasa dalam lingkungan masjid Mujahidin Haruyan., di samping aktif mengajar di MAS NU Pertasi Kencana Haruyan, juga memberikan kuliah pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) al Washliyah Barabai. Maret 1994 diangkat sebagai sebagai calon pegawai negeri sipil, Juli 1995 diangkat sebagai PNS dan Agustus 1996 ditetapkan sebagai dosen tetap pada Fakultas Syariah IAIN Antasari Banjarmasin dalam mata kuliah Hadis Ahkam. Tahun 1999 memperoleh beasiswa dari Kementerian Agama (Depag), melanjutkan studi S2 di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jurusan Hukum Islam konsentrasi Hukum Ekonomi Islam (Muamalah) dan selesai tahun 2001.

Setelah menyelesaikan program Magister Hukum Islam, ia kembali ke almamaternya Fakultas Syariah IAIN Antasari dalam mata kuliah Hadis-hadis Hukum Ekonomi dan Ulum al Hadis, juga aktif memberikan kuliah pada beberapa STAI wilayah Kalimantan Selatan dalam mata kuliah Hadis, Hadis Tarbawi, Ulumal Hadis hingga sekarang. Pernah memegang Ketua Program D3 Perbankan Syariah periode tahun 2003-2008, 2012-2016. Pengurus Pusat Studi Gender IAIN Antasari periode 2004-2008. Anggota Bahtsul Masail Ummah IAIN Antasari tahun 2009-2011. Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalimantan Selatan tahun 2009-sekarang. Anggota Pengurus Basernas MUI Kalimantan Selatan 2010 – 2015.

Beberapa Karya Ilmiah yang telah dihasilkan, penelitian antara lain: Kualitas Hadis Larangan Membaca Al-Qur’an bagi Perempuan Haidl dan Orang yang Junub, Lahirnya Seorang Pembaharu pada Setiap Akhir Seratus Tahun (Telaah Kritis Sanad dan Matan Hadis), Do’a Minta Miskin (Kajian Sanad dan Matan Hadis), Naqd al-Hadis (Studi Perspektif Sejarah dan Metodologis), Riba Dalam Kontrak (Permasalahan dan Implikasinya terhadap Keabsahan sebuah Kontrak), Metodologi Istinbath Hukum Islam Perspektif Ibnu Qayyim al-Jawziyah (Telaah atas Kitab I’lam al-Muwaqqiin ‘an Rabb al-‘Alamin), Pengenalan Tafsir Fakhruddin al-Razi (Sejarah dan Metodologi), Pailit Perspektif Fiqih Muamalah, Kedudukan Wanita dalam Hukum Waris Adat Banjar Kuala, Relasi Gender dalam Islam, Gender Dalam Perspektif Islam, Ekonomi Pondok Pesantren (Studi terhadap Pengelolaan, Potensi, Strategi, dan Masa Depan Ekonomi Ponpes di Kalimantan Selatan). Konsep Ibnu Qayyim al-Jawziyah tentang Riba; Karakteristik, Metodologi, dan Relevansinya ke depan (buku), ‘Aqiqah Setelah Dewasa (Studi Sanad dan Matan Hadis), Gadai Emas iB pada PT BPD KalSel Syariah Cabang Kandangan, Aqad Murabahah dalam Investasi Logam Mulia pada Pegadaian Syariah Banjarmasin, Otentisitas Hadis tentang Ijtihad Sebagai Sumber Hukum (Studi Sanad dan Matan Hadis), Maqashid al Syariah; Melacak Gagasan Awal.