Faqih El Wafa

Faqih El Wafa, lahir di Rantau, Kalimantan Selatan, 23 Mei 1990. Pendidikan dasarnya berawal dari SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Terdorong dari saran beberapa keluarga, ia menimba ilmu di Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta asuhan KH. Mahrus Amin. Setelah 6 tahun mengenyam manisnya kehidupan santri di pondok pesantren, ia melanjutkan pencarian ilmunya ke kota budaya, kota Yogyakarta. Di kota tersebut, ia mengenyam pendidikan strata 1 di Universitas Islam Negeri Yogyakarta dengan program studi Muamalah pada tahun 2008. Pada saat menjalani kehidupan kampus, faqih tertarik mempelajari keilmuan mengenai fikih muamalah. Setelah selama kurang lebih 3,5 tahun merasakan suasana akademik Yogyakarta yang sangat mengesankan, ia menyelesaikan pendidikan S1 pada tahun 2012.

Pada tahun 2012, ia melanjutkan studi S2 di Universtas yang sama dengan konsentrasi Hukum Bisnis Syariah dan menyelesaikan program S2 pada tahun 2015, Pada tahun 2016, ia memulai petualangan akademiknya dengan menjadi tenaga pengajar tidak tetap di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari. Sejak April 2017, dia diangkat menjadi Dosen Tetap Bukan PNS pada Fakultas Syariah dan Eonomi Islam IAIN Antasari dan ditempatkan sebagai staf di program studi Diploma 3 Perbankan Syariah. Semenjak Januari 2018, ia menjalani kegiatan akademiknya sebagai dosen tetap pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sebagai dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, ia dipercaya mengajar mata kuliah fikih muamalah dan beberapa mata kuliah lainnya yang  berkaitan dengan keilmuan hukum ekonomi syariah. Sejak tahun 2017, ia menjadi pengurus dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).