Erissa Nilasari

ERISSA NILASARI, anak pertama dari dua bersaudara ini lahir di Kotabaru 28 Agustus 1984. Anak dari pasangan H. Syajidan dan Hj. Erlinawati ini mulai menempuh pendidikan dasar di SD Semayap 2 Kotabaru pada tahun 1989 da tamat pada tahun 1995. Kemudian melanjutkan ke SLTP Negeri 1 di kota yang sama dan lulus pada tahun 1998. Selepas menyelesaikan pendidikan menengah pertama, kemudian hijrah ke Banjarmasin untuk melanjutkan pendidikan di SMU Negeri 7 Banjarmasin dan lulus pada tahun 2001.

Pada tahun yang sama mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) dan diterima sebagai mahasiswa pada Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan lulus pada tahun 2005. Setelah sempat beberapa bulan bekerja di sebuah lembaga pendidikan, pada tahun 2006 memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 dengan memilih Program Studi Ekonomi Pertanian pada program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat dan lulus pada tahun 2008.

Setelah menyelesaikan S2, istri dari Gusti Rahmatulah ini diberi kepercayaan untuk menjadi dosen tidak tetap pada prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjary untuk mengampu mata kuliah Teori Ekonomi Mikro, Ekonometrika dan Evaluasi Proyek. Pada akhir tahun 2008 mengikuti mengikuti tes Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia untuk formasi dosen ekonomi mikro pada IAIN Antasari (sekarang UIN Antasari) Banjarmasin, dan dinyatakan diterima untuk bergabung di Fakultas Syariah per 1 Januari 2009.

Kini, ibu dari Gusti Zaldi Raissa Athaya dan Gusti Zaskia Raissa Ayra ini tergabung sebagai dosen program studi Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Antasari Banjarmasin. Adapun beberapa mata kuliah yang pernah diampu adalah Teori Ekonomi Mikro, Teori Ekonomi Makro, Pengantar Ilmu Ekonomi, Statistik Ekonomi dan Bisnis serta Matematika Ekonomi dan Bisnis.

Beberapa karya ilmiah yang pernah dipublikasikan dan kegiatan penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Revitalisasi Fungsi Perbankan Syariah Pada Sektor Pertanian di Kalimantan Selatan (Jurnal At Tharadhi Volume 4 nomor 2, Desember 2013)
  2. Urgensi Redenominasi Nillai Rupiah dalam Perekonomian Indonesia (Jurnal At Tharadhi Volume 5 no 1 Juni 2014)
  3. Efektivitas Matrikulasi Akuntansi pada Jurusan Perbankan Syariah Tahun 2013 (Penelitian kelompok yang dibiayai DIPA IAIN Antasari)
  4. Preferensi Masyarakat Masyarakat Kalimantan Selatan Terhadap Pembayaran Non Tunai (Penelitian Kelompok kerja sama IAIN Antasari dengan Bank Indonesia Tahun 2013)
  5. Kajian Pengembangan Pertanian Melalui Perluasan Akses Keuangan (Penelitian kelompok kerja sama UIN Antasari, ULM, UNISKA dengan Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2017)
  6. Strategi Warung Tradisional dalam Menghadapi Ekspansi Minimarket Modern di Banjarmasin (Penelitian kelompok yang dibiayai DIPA UINAntasari tahun 2017)
  7. Korelasi Pelaksanaan Edukasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Perilaku Keuangan Masyarakat Pedesaan (sedang dalam proses penelitian)