Abdul Gafur

Abdul Gafur, anak kedua dari empat bersaudara ini dilahirkan di Banjarmasin pada tanggal 2 Maret 1981. Pendidikannya berawal dari Sekolah Dasar Negeri Surgi Mufti, yang letaknya tak jauh dari rumahnya. Pada tahun 1993 setelah lulus dari Sekolah Dasar, ia mengemukakan keinginannya kepada orang tuanya untuk melanjutkan pendidikan di pondok pesantren. Tentu saja keinginannya disambut gembira oleh kedua orang tuanya, dan pondok pesantren yang dipilihkan untuknya adalah Hidayatullah Bincau Martapura.

Setelah lulus pada tahun 1996, ia ingin melanjutkan sekolahnya lebih jauh lagi, yaitu di Pulau Jawa. Atas saran dari salah seorang kakeknya, ia diberikan pilihan antara Pondok Pesantren Darussalam Gontor atau Pondok Pesantren Tebuireng. Setelah beristikharah dan bermusyawarah dengan kedua orang tuanya, akhirnya ia memilih Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. Setelah lulus pada tahun 1999, ia berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke Timur Tengah. Keinginannya ini pun direstui oleh kedua orang tuanya. Ketika ada tes seleksi beasiswa ke Mesir, ia tertarik untuk mengikutinya. Dan alhamdulillah tertanyata ia lulus seleksi. Di Mesir, ia menyelesaikan studinya selama 4 tahun, yaitu pada tahun 2003. Namun karena namanya termasuk salah satu yang memperoleh undian sebagai Tenaga Musiman Haji utusan mahasiswa Indonesia di Mesir, maka ia menunda kepulangannya ke Indonesia.

Pada tahun 2004, ia melanjutkan kuliah Magister di Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dengan konsentrasi Ekonomi Islam, dan selesai pada tahun 2007. Setelah lulus Magister, ia mengajar sebagai Dosen Tidak Tetap di IAIN Antasari Banjarmasin selama 1 tahun. Pada tahun 2009, alhamdulillah ia lulus mengikuti tes CPNS sebagai dosen PNS di kampus tersebut hingga sekarang.

Adapun kajian yang ia geluti sebagai dosen adalah bidang ekonomi, khususnya Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Dan selama menjadi dosen, ayah dari satu putra ini telah menghasilkan beberapa penelitian dan karya tulis. Di antaranya adalah Pola Distribusi Zakat Dalam Sebuah Negara (Jurnal At-Taradhi Tahun 2011), Studi Manajemen Kelembagaan Amil Zakat di Kalimantan Selatan (bersama tim peneliti tahun 2013), Persepsi Ulama di Banjarmasin Terhadap Asuransi (bersama tim peneliti tahun 2015), Faktor-Faktor Kunci Sukses Pesantren di Kalimantan Selatan (bersama tim peneliti tahun 2015), Takaran dan Timbangan Dalam Syariat Islam (Buku Terjemahan Tahun 2017).