Rohana Faridah

ROHANA  FARIDAH, lahir di Banjarmasin pada hari Kamis tanggal 27 April 1978. Background pendidikannya berasal dari sekolah dan perguruan tinggi umum di kota Banjarmasin. Dimulai dari memasuki sekolah taman kanak-kanak RANU pada tahun 1983 dan lulus di tahun 1985. Selanjutnya melanjutkan pendidikan ke SDN Kebun Bunga 1 selama 6 tahun dan lulus di tahun 1991. Seperti cita-cita kebanyakan orang pada saat itu, ia ingin melanjutkan sekolah menengah pertamanya pada SMP favorit di kota Banjaramasin. Pada zaman itu belum dikenal adanya sekolah islam terpadu. Sekolah-sekolah yang menjadi favorit adalah sekolah-sekolah umum. Di SMP Negeri 6, ia menjalani pendidikannya selama 3 tahun, dari tahun 1991 sampai dengan 1994. Selepas itu, kembali ia melanjutkan pendidikannya pada SMA Negeri 7 selama 3 tahun, lulus di tahun 1997.

Selama bersekolah, yang menjadi mata pelajaran favoritnya adalah bahasa inggris dan berharap bisa melanjutkan kuliahnya pada Fakultas Sastra Inggris. Ia hanya ingin melanjutkan kuliahnya di kota Banjarmasin, agar tidak jauh dari keluarga, di perguruan tinggi negeri satu-satunya di kota Banjarmasin, Universitas Lambung Mangkurat. Namun sayangnya, di perguruan tinggi ini tidak memiliki fakultas sastra, sebagaimana yang ia harapkan supaya bisa mengambil program studi sastra inggris. Fakultas yang ada jurusan bahasa inggrisnya adalah FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dengan program studi bahasa inggrisnya. Ia tidak ingin masuk ke fakultas itu karena tidak ingin bercita-cita menjadi seorang guru. Baginya guru adalah pekerjaan yang membosankan (ternyata pada akhirnya ia menjadi seorang dosen alias harus mengajar juga)

Akhirnya ia memilih Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Lambung Mangkurat karena ikut-ikutan teman, asal kuliah saja entah mau jadi apa nantinya, tak ada fokus cita-cita yang ia inginkan, pokoknya kuliah saja. Selama 5 tahun ia menempuh pendidikan S1 nya, berhasil lulus pada bulan September 2002. Satu setengah tahun sesudah itu, di medio 2004, ia melanjutkan pendidikan ke strata 2 karena tak ingin berstatus pengangguran sebab masih belum mendapatkan pekerjaan. Sejak berkuliah di S2 ini ia lalu bercita-cita ingin menjadi dosen.

Sambil menempuh pendidikan S2 di Magister Manajemen Universitas Lambung Mangkurat, ia diberi kesempatan untuk menjadi asisten dosen pada almamaternya, Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat selama 4 semester (2004-2006). Setelah menyelesaikan pendidikan S2 nya di tahun 2007, ia diberi lagi kesempatan untuk menjadi pengajar honorer pada Politeknik Negeri Banjarmasin di Program Studi D4 Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah selama 1 tahun (2008). Selain itu juga diberi kesempatan untuk menjadi dosen tidak tetap di Fakultas Syariah IAIN Antasari Banjarmasin di tahun ajaran baru 2008. Dua bulan setelah menjadi dosen tidak tetap di IAIN Antasari, ternyata ada penerimaan CPNS Dosen di kampus tersebut yang kompetensinya sesuai bidangnya. Alhamdulillah, ia berhasil lulus CPNS 2008 dan mendapatkan TMT pada 1 Januari 2009 dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) 197804272009012010. Lebih bersyukur lagi karena kampus tempatnya bekerja sangat dekat dengan tempat tinggalnya yang beralamat di Jalan Pandu I Rt. 17 No.10 Banjarmasin 70235.

Saat ini, sesudah 9 tahun berlalu, dalam karirnya sebagai dosen dengan rumpun ilmu manajemen/bisnis, ia memiliki pangkat/golongan ruang : Penata/IIIc dan jabatan fungsional dosen : Lektor dan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) 2027047802. Mata kuliah mayor yang ia ampu adalah mata kuliah Pengantar Bisnis dengan mata kuliah minornya berupa Pengantar Manajemen, Manajemen SDM dan Manajemen Pemasaran. Sepanjang karirnya, memang masih belum banyak karya-karya ilmiah yang bisa dihasilkan. Mulai dari pengangkatan awal sebagai CPNS sampai sekarang menduduki jabatan dosen dengan tugas tambahan sebagai Ketua Program Studi Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, ia tidak pernah sekalipun menjadi dosen biasa (dosen tanpa tugas tambahan). Posisi dosen dengan tugas tambahan membuatnya lebih disibukkan oleh kegiatan-kegiatan administrasi dan pelayanan sehingga kesempatan untuk menghasilkan karya ilmiah pun juga terbatas.

Beberapa karya ilmiah yang pernah dibuat dan dipublikasikan antara lain adalah :

  1. Analisis Komparasional Bivariat Antara Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Antasari Banjarmasin Yang Berasal Dari Sekolah Agama Dengan Sekolah Umum (Penelitian kelompok yang dibiayai dari dana DIPA IAIN Antasari tahun 2013)
  2. Hubungan Mentoring dengan Keberhasilan Mahasiswa Ekonomi Syariah Pada Mata Kuliah Akuntansi (Jurnal At-Taradhi Volume 5, nomor 1, Juni 2014, ISSN 1979-3804)
  3. Preferensi Masyarakat Kalimantan Selatan Terhadap Pembayaran Non Tunai ( Penelitian kelompok kerjasama IAIN Antasari dengan Bank Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2013).
  4. Analisis Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Mahasiswa Terhadap Jurusan Ekonomi Syariah Dengan Keinginan Untuk Melakukan Word of Mouth Communication (Penelitian kelompok yang dibiayai dari dana DIPA IAIN Antasari tahun 2015).
  5. Korelasi Pelaksanaan Edukasi Dari Otoritas jasa Keuangan (OJK) Dengan Perilaku Keuangan Masyarakat Pedesaan (sedang dalam proses penelitian).