Lutpi Sahal

Lutpi Sahal, SHI., MSI Kelahiran di desa Jambu Burung tanggal 21 September 1981. Sekarang tinggal di Desa Cindai Alus Rt 8 Rw 3 No 16 Komp Griya Asri Modern I, Martapura Kota, Kab Banjar Kalimantan Selatan.

Sekolah Dasar di desa Sei Musang lulus pada tahun 1994, kemudian melanjutkan ke Mts Pondok Modern Darul Hijrah, dan melanjutkan ke tingkat Aliyah pada sekolahan yang sama. Merasa ilmu agama masih kurang akhirnya memutuskan mondok di Pesantren Universitas Islam Indonesia selama empat tahun. Bersamaan dengan itu juga sambil kuliah di Fakultas Ilmu Agama Islam jurusan Syariah. Pada tahun 2004 sampai dengan 2017 menempuh kuliah strata dua (S2) di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dengan Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah.

Tidak lama berselang, pada tahun 2008 diangkat sebagai CPNS yang sekarang berubah nama menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Karir yang dijalani mulai dari sekretaris jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah, Ketua jurusan Asuransi Syariah sampai Pembantu Dekan II pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura.

Pada bulan Maret 2008 menikah dengan seorang perempuan asli Martapura bernama Syarifah, SHI. Hinga kini sudah dikarunia 3 anak:

  1. Hilwa ‘Aydia Sahal
  2. ‘Aisie ‘Azhiema Sahal
  3. Nayla Mumtaaza Sahal

Hilwa ‘Aydia Sahal sekarang sudah kelas 3 Sekolah Dasar Quran Terpadu, dan tahun ini naik ke kelas 3 dengan peringkat 2. ‘Aisie ‘Azhiema Sahal pada awal tahun ajaran 2017/2018 akan masuk Sekolah Dasar Quran Terpadu, Semoga kedua anaknda kami selalu sukses dalam memuntut ilmu agama. Amin.

Ayah dari tiga orang anak ini selain mendedikasikan dirinya pada negara juga mengabdikan dirinya pada agama. Di Pondok Modern Darul Hijrah dan Pondok Modern An-Najah Cindai Alus Martapura inilah tempat mengabdikan diri untuk agama.

Adapun penelitian yang pernah dilakukan bersama tim antara lain:

  1. Preferensi Nasabah Pegadaian Syariah di Banjarmasin
  2. Kesiapan Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga (Akhwal Syahsiyyah) Dalam Menyahuti Profesionalisme Praktisi Pengadilan di Lingkungan Peradilan Agama

Sedangkan karya ilmiah yang sudah dicetak dalam bentuk jurnal adalah:

  1. Optimalisasi Zakat Dalam Islam
  2. Mekanisme dan Freferensi Nasabah Pegadaian Syariah
  3. Implementasi “Al-Uqud Al-Murakkabah” atau “Hybrid Contract”

Mata kuliah yang diampu sesuai kualifikasi adalah Ekonomi Syariah yang meliputi antara lain: Manajemen Keuangan Syariah, Kewirausahaan, Manajemen Dana Bank, Teknik Presentasi.