Zaki Mubarak Ph.D

Zaki Mubarak lahir di Desa Kayu Bawang Kec. Gambut Kab. Banjar pada 31 Oktober 1977 dari pasangan suami isteri Alm Drs. H. Murjani dan Dra. Hj. Umi Kasum. Pendidikan tingkat dasar diselesaikannya di desa kampung halaman, yakni di MIN Darul Huda Kayu Bawang Gambut. Selanjutnya pendidikan menengah ditempuh di kota Martapura yakni di MTs PP. Hidayatullah Taman Hudaya Bincau. Sedangkan Pendidikan tingkat atas diselesaikannya di kota Jakarta Selatan, yakni di MA PP. Darunnajah Ulujami.

Bapak Zaki menempuh pendidikan S1 di jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang dan selesai pada awal tahun 2000. Selama kuliah di Malang, beliau pernah menjadi tutor bahasa Inggris pada kegiatan Students Days bagi mahasiswa baru UMM, menjadi instruktur komputer di lembaga kursus New Gama Computer. Selain itu, beliau juga pernah asisten laboratorium akuntansi FE UMM selama dua tahun.  Setelah menyelesaikan Pendidikan S1, Bapak Zaki menempuh Pendidikan S2 pada program Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan menyelesaikan pendidikannya pada bulan Oktober 2002.

Setelah menyelesaikan Pendidikan Magister di Semarang, Bapak Zaki pulang ke kampung halaman dan mengikuti tes seleksi dosen di IAIN Antasari dan diangkat menjadi dosen tetap Fakultas Syariah IAIN Antasari pada awal tahun 2003.

Pada tahun 2003 beliau diberi kesempatan DIKTIS Kementerian Agama untuk mengikuti program pembibitan Calon Dosen PTAIN pasca CPNS di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama 4 bulan untuk mempelajari Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Metodologi Penelitian dan Metode pengajaran di perguruan tinggi.

Selain menjadi staf pengajar di Fakutas Syariah IAIN Antasari, dari tahun 2003 sd 2006 beliau pernah bertugas sebagai staf staf subbag mikwa dan staf jurusan D3 Perbankan Syariah.

Pada tahun 2006 Bapak Zaki mendapatkan kesempatan dari DIKTIS Kementerian Agama untuk mengikuti pelatihan Bahasa Inggris di IALF Denpasar berupa 3 bulan kursus persiapan IELTS dan 3 bulan kursus sertifikasi pengajaran Bahasa Inggris ICELT Cambridge.

Pada tahun 2007 Zaki mendapatkan beasiswa APS dari pemerintah Australia untuk menempuh pendidikan Master of Finance di University of Melbourne dan selesai pada tahun 2009. Pada tahun 2010 beliau mendapatkan kesempatan dari Leiden Unversity untuk mengikuti summer course selama 6 minggu tentang European Economy and Politics di Utrecht University dan European Business Skills di Utrecht Hogeschool Utrecht. Selain itu, pak Zaki juga diberi kesempatan untuk menjadi visiting researcher di Leiden University selama 6 minggu.

Selain menjadi dosen, antara tahun 2010 sd 2011 Bapak Zaki pernah menjadi anggota tim pengembangan IAIN Antasari Banjarmasin dan antara awal tahun 2012 sampai dengan akhir tahun 2013 pernah diamanahi sebagai ketua jurusan Ekonomi Syariah Fak. Syariah IAIN Antasari.

Pada awal tahun 2014, mulai menempuh Pendidikan S3 pada College of Business Victoria University Melbourne atas beasiswa Luar Negeri DIKTIS Kementerian Agama. Pada awal tahun 2018 kembali ke tanah air dan mulai aktif mengajar kembali di FEBI UIN Antasari Banjarmasin.

Diantara penelitian yang telah dilakukan adalah:

  1. Perubahan Bid Ask Spread dan analisis faktor-faktor yang berpengaruhinya di sekitar pengumuman laba: Studi empiris saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta
  2. Investigating key influencing factors on ethical decision making: A study of accounting students in Indonesia.