Ilham Akbar

Ilham Akbar, adalah dosen pengajar mata kuliah terkait hukum bisnis atau hukum ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, ketertarikannya pada hukum bisnis didapat ketika menempuh kuliah pada Fakultas Hukum Universitas Airlangga di Surabaya angkatan Tahun 2004, mengambil minat hukum bisnis pada Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Airlangga dan melanjutkan S2 pada Program Studi Magister Kenotariatan di Universitas Airlangga Tahun 2008 dan lulus ujian Kode Etik Profesi Notaris pada tahun 2010.
Setelah merantau selama enam tahun empat bulan di Surabaya, putera kedua dari empat saudara dariĀ  pasangan H Syahdian Noor dan Hj. Rusydah ini kembali ke Banjarmasin. Latar belakang dari seorang ayah yang berprofesi sebagai pedagang dan ibu seorang guru juga sedikit banyak mempengruhi pemikiran seorang anak, sehingga bisa menjadi seperti sekarang ini. Adapun Pendidikan Formal pertama pada TK Aisyah di Gg Kenari Banjarmasin lulus tahun 1992, pendidikan dasar ditempuh di dua sekolah berbeda, kelas satu dan dua di tempuh pada SD Hipondo Banjarmasin dan kelas tiga sampai enam di tempuh di SDN Kebun Bunga 4 Banjarmasin lulus tahun 1998, lanjut pada pendidikan menengah pertama di SMPN 6 Banjarmasin Lulus tahun 2001 dan pendidikan menengah atas di SMAN 7 Banjarmsin lulus tahun 2004.
Suami dari Deviati Juwita Sari, Amd Keb dan ayah dari Muhammad Rahlil Zoelv Akbar ini mengajar di UIN Antasari sejak tahun 2011 yang dulunya masih bernama IAIN Antasari dan masih berada pada Fakultas Syariah. Pernah ditempatkan pada Bagian Hukum dan Kepegawaian UIN Antasari dalam beberapa tahun dan menjadi tim Akreditasi tingkat institut memberikan pengalaman yang sangat bermanfaat menunjang perjalanan karir di UIN Antasari. Pernah juga menjabat sebagai sekretaris jurusan Hukum Ekonomi Syariah pada tahun 2016.
Saat ini tercatat sebagai dosen dengan home base program studi Asuransi Syariah Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Islam serta menjabat Ketua Gugus Penjamin Mutu Program studi Asuransi Syariah. Tercatat juga sebagai salah satu Ketua Bidang di Kepengurusan Ikatan Ahli Ekonomi Islam UIN Antasari Banjarmasin.
Penghobi burung berkicau dan olahraga bulutangkis ini juga sering ikut dalam program pelestarian burung berkicau. Hukum merupakan sebuah aturan yang membingkai seseorang dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali, termasuk di dalamnya adalah hukum bisnis yang banyak dilaksanakan oleh setiap orang, hal inilah yang menyebabkan banyak tulisan dilahirkan terkait dengan hukum bisnis, antara lain, terkait hukum pertanahan, hukum perjanjian, hukum dagang dll.