Kuliah Umum FEBI Ungkap Religiositas

Etika telah menjadi hal yang semakin penting dalam melakukan bisnis, khususnya sejak kebangkrutan berbagai perusahaan di dunia karena perbuatan yang tidak etis dalam praktek bisnis.

Hal itu disampaikan oleh Dr. Zaki Mubarak, SE, M.Si saat menyampaikan Kuliah Umum dalam rangka pembukaan perkuliahan semester genap Tahun Akademik 2019/2020, Senin (20/01) di Auditorium Mastur Jahri UIN Antasari Banjarmasin.

Dalam paparannya, Dosen FEBI UIN Antasari itu menyampaikan hasil temuan penelitiannya pada mahasiswa akuntansi di Indonesia. Ia menemukan, religiositas (kesalehan) intrinsik dan internal locus of control memiliki pengaruh positif terhadap pengambilan keputusan etis (ethical recognition dan ethical intention).

“Kemampuan mahasiswa untuk mengenali masalah etis berpengaruh terhadap kemampuan ethical judgement. Dan ethical judgement mahasiswa akuntansi di Indonesia berpengaruh terhadap ethical intention mereka,” ujar Zaki.

Menariknya, tambah doktor jebolan Victoria University itu, mahasiswi akuntansi memiliki tingkat kesalehan intrinsik yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa akuntansi. Sementara mahasiswa akuntansi memiliki tingkat pengaruh teman yang lebih tinggi daripada mahasiswi akuntansi.

Sejalan dengan tema Kuliah Umum, Dekan FEBI Dr. H. Fathurrahman Azhari, M.HI dalam sambutannya menekankan pentingnya aspek kesalehan bagi seluruh civitas academica FEBI. Menurut Fathurrahman, kesalehan sejalan dengan visi FEBI. Kesalehan identik dengan akhlak yang merupakan identitas seorang muslim.

Oleh karena itu, menurut pakar Ushul Fiqih itu, kasus-kasus yang menciderai kesalehan adalah hal yang memalukan dan harus ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Agenda Fakultas

Selain itu, Dekan juga menyampaikan beberapa agenda yang dihadapi oleh fakultas pada tahun 2020. Agenda itu terdiri atas visitasi, reakreditasi, dan penambahan prodi-prodi di lingkungan FEBI.

“Tahun ini kita akan mengajukan akreditasi Program Studi Ekonomi Syariah. Sembari menunggu visitasi lapangan untuk Prodi Asuransi Syariah dan Prodi Perbankan Syariah,” tukas Dekan.

Untuk penambahan prodi, Dekan menyampaikan bahwa saat ini FEBI sedang menyusun kelengkapan syarat untuk membuka Prodi Akuntasi Syariah dan Prodi Manajemen Bisnis Syariah.

Dekan mengajak seluruh keluarga besar FEBI dapat mendukung kesuksesan agenda-agenda besar itu. (MHM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *