Kuliah Umum FEBI: Ekosistem Kesehatan Syariah Berkembang Pesat di Indonesia

Sertifikasi rumah sakit syariah dan ekosistem kesehatan Syariah berkembang cukup pesat di Indonesia.

Tema ini ditampilkan dalam kuliah umum yang mengangkat tema “Sertifikasi Rumah Sakit Syariah dan Ekosistem Kesehatan Syariah di Indonesia” yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Antasari pada 15 Februari 2022.

Kuliah umum menghadirkan pembicara utama, yakni dr H Masyhudi AM MKes yang merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat MUKISI (Asosiasi Rumah Sakit Islam Indonesia).

Masyhudi menjelaskan lima poin penting tentang sertifikasi Syariah RS Syariah, yaitu (1) Sertifikasi RS Syariah adalah standarisasi Pelayanan Islami di Rumah Sakit, (2) sertifikasi RS Syariah tidsk ekslusif untuk RS Islam, tetapi inklusif untuk seluruh RS, termasuk RS milik Pemerintah (3) Sertifikasi RS Syariah tetap menjaga mutu dan keselamatan pasien , karena syarat mutlaknya adalah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi (KARS dll),  (4) Sertifikasi RS Syariah mudah, karena prosesnya sama dengan Akreditasi KARS / JCI, dan (5) Sertifikasi RS Syariah adalah berkah, untuk seluruh ummat, untuk Indonesia dan seluruh Dunia.

Saat ini, ekosistem kesehatan Syariah cukup berkembang di Indonesia. Masyhudi mengapresiasi kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar ekosistem kesehatan berbasis Syariah lebih maju.

Dekan FEBI Dr H Sukarni MAg mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang berkenan menyampaikan kuliah umum. Ia menegaskan bahwa tema ini penting untuk diketahui sivitas akademika FEBI agar kolaborasi dapat terwujud lebih baik, terutama di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi.

Selain dihadiri oleh civitas akademika, Kuliah Umum yang dilakukan secara hybridini turut dihadiri oleh para mitra FEBI, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Syariah Indonesia (BSI), PT Asuransi Sinar Mas, Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru dan mitra yang lain.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *